Creating a Positive Stigma for Better Life

Tak hanya sebuah pagelaran besar yang membutuhkan dukungan dari pihak sponsor. Mengeliminasi stigma negatif terhadap tes HIV juga butuh sokongan dari berbagai kalangan agar komitmen Indonesia untuk mengakhiri AIDS di tahun 2030 tercapai.

Kampanye #SayaBerani bertujuan untuk memberikan detail ragam informasi dan edukasi seputar HIV/ AIDS melalui berbagai sarana media, salah satunya melalui kanal www.sayaberani.org. Diharapkan, stigma negatif terhadap tes HIV kian berkurang, bahkan hilang, sehingga masyarakat lebih peduli akan kesehatan diri dengan berani melakukan tes sejak dini.

Tahu kondisi kesehatan antara lain dengan melakukan tes HIV, supaya jika terdeteksi positif, bisa ditangani lebih awal, mendapat pengobatan yang baik, hidup sehat, produktif, tidak diturunkan ke anak, dan mencegah penularan demi menyelamatkan hidup. Untuk itulah, akses informasi yang benar mengenai HIV/ AIDS harus dipermudah.”

Krittayawan Boonto, Country Director UNAIDS Indonesia.  

Komitmen 90-90-90

Perlu diketahui, Indonesia berkomitmen mengakhiri AIDS pada tahun 2030 dengan mencapai target 90-90-90. Artinya, 90 persen orang yang hidup dengan HIV mengetahui status mereka, 90 persen orang dengan HIV dapat mengakses pengobatan (Therapy Antiretroviral), dan 90 persen Orang Dengan HIV/ AIDS (ODHA) menjalani pengobatan untuk menekan pertumbuhan virus.

Kampanye #SayaBerani #SayaSehat mendukung komitmen Indonesia untuk mengakhiri epidemi AIDS pada tahun 2030 dengan mencapai target 90-90-90, yaitu: 90% orang yang hidup dengan HIV mengetahui status mereka, 90% orang yang mengetahui status HIV-positif mereka mengakses pengobatan dan 90% orang dalam pengobatan dapat menekan Viral Load.

Diperkirakan pada tahun 2016 ada sekitar 622.435 ODHA yang tersebar di beberapa wilayah di Indonesia. Dan hingga Juli 2017, dilaporkan penemuan kasus HIV sebanyak 255.527 orang.

Pemerintah tidak bisa bekerja sendiri untuk menekan angka kasus tersebut. Butuh dukungan dan kepedulian dari banyak pihak. Kampanye #SayaBerani #SayaSehat bertujuan untuk mempromosikan tes HIV dan pengobatan HIV dan mengurangi stigma terhadap HIV dengan normalisasi tes dan pengobatan HIV dalam persepsi masyarakat.